Honda CB 100, Chopper Ala Mendoan

Bookmark and Share

Jangan remehkan makanan khas Banyumas yang bernama mendoan. Makanan berbahan tempe kedelai yang digoreng bersama tepung dan irisan loncang (daun bawang) ini, rupanya memberi inspirasi modifikasi bagi Telson Hardani atau yang akrab disapa Dani ini. Pria asli Cilacap, Jawa Tengah ini bolak-balik mengubah konsep modifnya. Dari klasik hingga Japs style. Akhirnya ketemu konsep sendiri yang dinamakan Traditional Chopper Ala Mendoan.

Maksudnya, modif chopper dengan basis tradisional Banyumas yang terkenal dengan mendoannya, buka Dhani, sapaan akrabnya. Ditambahkan olehnya, bahwa motor Honda CB keluaran tahun 1976 miliknya itu dieksekusi abis.

Yang tersisa, mesin dan nomor rangkanya saja. Sebab, frame atau sasis dibikin ulang pakai bahan besi pelat berbagai ukuran. Tergantung letak dan fungsi.

Seperti tujuan awal, pacuan modif ini tetap bisa dipakai buat harian. Maka itu, hukumnya wajib kuat dan safety saat dikendarai. Hampir tiap minggu dipakai bolak-balik Jogja-Cilacap, timpal Dani.

Setelan swing arm yang juga custom sudah disesuaikan tinggi dan lebar setang. Jadi, handling tetap nyaman. Begitu juga empuknya tunggangan masih tetap bisa dirasakan dengan nyaman meski sok depan menerapkan gaya springer dan belakang rigid. Itu karena jok single seater yang diadopsinya memiliki pegas di bagian bawah.

Soal pengerjaan tidak dikerjakan Dani seutuhnya. Melainkan, dibantu Rifai yang owner rumah modifikasi N-Joy 76 Extreme Custom Jogja. Rifai yang menghitung semua keseimbangan rangka, swing arm, setang dan roda-rodanya. Doi pun merancang tangki berkonsep bulat atau dalam bahasa Jawa-nya, nyempluk. Karena untuk ciri khas mendoan, yang juga nyempluk, tutup Rifai.

Weleh! (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban Depan : CST 100/90-18
Ban belakang : Pirelli CD 130/90-15
Master depan : Honda GL 100
Master belakang : Honda Tiger
N-Joy 76 : 0856-8307-919




{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment