Kaisar Ruby, Pasang Kereta Samping

Bookmark and Share

Nico Hartono sang pemilik Kaisar Ruby ini menuju bengkel rumahan milik Andreas Janu Irawan. Alamatnya di Jl. Bima Blok K.7, Komplek Bea Cukai, Cilincing, Jakarta Utara. Nico berinisiatif untuk menambahkan kereta samping alias sespan pada motor ini.

Ruby model aslinya sepintas mirip Harley-Davidson ini dijadikan target kreatifitas pasang tiga gandengan. Kondisi ketika beli memang sudah bergaya H-D Ultra Glide, ungkap Nico.

Awalnya sempat ditentang orang tua dengan hobi motornya ini. Lebih aman pakai mobil saja!! kata Nico sambil menirukan kata-kata orang tuanya.

Tapi, lain lagi dengan pikiran yang ada di benak pengusaha muda ini. Bagi saya modifikasi itu dari karya seni, jelas pemuda yang kontraktor itu.

Sebenarnya doi bisa saja beli H-D asli. Tapi, dia lebih memilih Kaisar Ruby ini untuk dijadikan objek imajinasinya. Untuk proyek modifikasi awal, Nico memang cukup wah. Saya hanya melanjutkan modifikasi motor ini dan memaksimalkannya, jelas Nico. Walaupun sekadar melanjutkan modifikasinya, tapi coba amati hasil akhirnya. Tambah keren kan? He..he..

Sang modifikator Janu memasang rangka sespan dengan tebal 3 mm. Sementara untuk bodi sespan terbuat dari pelat besi setebal 0,8 mm. Asyiknya Janu bikin sistem knock down buat sespannya biar gampang dibongkar-pasang.

Tambah unik suspensi juga pakai double. Dibuat lebih presisi agar nyaman saat melibas jalan rusak atau polisi tidur, jelas pria ramah ini.

Dengan ini, rangka sespan dibuat dua pengunci. Posisinya ada di atas footstep depan sebelah kiri. Satu lagi terletak di bawah kolong rangka belakang.

Kelar urusin bodi dan sespan, lanjut ke mesin. Mesin Kaisar Ruby yang asli 250 cc ini sedikit kena sentuhan modifikasi. Noken as ganti timingnya, kemudian seher ganti. Pokoknya urusan mesin dipercayakan pada bro Freddy,ungkap Nico. Itu lho Freddy A. Gautama bosnya Ultraspeed di Jl. Dr.Cipto Mangunkusumo No. 42, Ciledug, Tangerang.

Setelah rombak bagian mesin ternyata Nico masih merasa ada yang kurang. Tampang sudah H-D Ultra Glide tapi suaranya belum terdengar kayak Harley,. keluhnya. Nggak kehabisan akal dia langsung punya ide buat bikin knalpot custom juga.

Bukan sekadar custom secara tampilan. Tapi, bagian dalam knalpot dibuat sedemikian rupa agar bisa cocok dengan setingan mesin. Layaknya mesin Harley sudah mirip suaranya dan menggelegar. Knalpot custom dibuat di Budhi Knalpot, jelas pria yang sebentar lagi berencana berumah tangga ini. Budhi ini ahli bikin knalpot dari Jl. Kebayoran Lama No. 6, Permata Hijau, Jakarta Barat.

Wow! Asik juga tuh kalau jadi married terus diarak konvoi pakai Ruby sespan ini. Enggak bakalan kayaknya bro! Motor ini sudah ditawar orang Kalimantan, kata dia. Waduh. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan: Cheng Shin Tire 120/90-16
Ban belakang: Metzeller 140/90-16
Sok Sespan: Motojetz
Spidometer: Yamaha RX-King
Janu Custom: 0821-3005-5604




{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment