Yamaha Mio Fino, Mengacu ke Thailand

Bookmark and Share

Nampaknya, tampilan Yamaha Mio Fino versi Indonesia masih belum bikin Fahrul Rozy merasa puas. Doi, lebih pilih desain yang dihadirkan Fino di Negeri Gajah Putih alias Thailand. Jadi, enggak salah kalau Fino yang baru ditebusnya itu langsung dimodif.

Kenapa Fino di Indonesia enggak dibikin seperti Fino Thailand saja? Tampangnya lebih enak dilihat yang Thailand punya, ungkap Fahrul yang tinggal di daerah Tanjung Priok, Jakarta Utara itu.

Lewat alasan itu, Fino pun langsung dibawa ke Billy Speed. Sebenarnya modifnya enggak banyak. Hanya beberapa bagian yang lebih mencirikan Fino Thailand saja, ungkap Arief Rahman Hasyim selaku owner workshop.

Dimulai dari bagian lampu depan. Ini dia yang jadi salah satu bedanya! Lampu depan milik Fino Thai, lebih jenong alias sedikit lebih keluar dari cover ketimbang Fino Tanah Air.

"Memang, kalau menurut kami, bentuknya lebih enak dilihat. Terlebih jika dilihat dari sisi samping, ungkap Billy, sapaan akrab Arief.

Buat penggantian itu, Billy enggak perlu merombak cover bodi depan seluruhnya. Tapi, cukup bagian lampu dan cover lampunya saja. Sedang bagian bodi depan tetap pakai milik Fino Indonesia.

Untuk mengganti cover lampu ini, hanya cukup melepaskan dua baut pengait saja. Ya, pengait disisi kiri-kanan cover. Setelah itu, Billy pun tak perlu membuat dudukan baru. Tapi, tinggal pasang di lubang baut yang sama.

Itu baru satu item alias part. Part selanjutnya, ada di bagian setang. Ternyata, juga beda untuk urusan pengendali arah laju skubek klasik ini, lho. Bedanya, ada di bagian pemegang setang ke as komstir.

"Yang Thailand, modelnya sama seperti setang Nouvo. Setang megang langsung ke as komstir. Tapi kalau yang di Fino lokal, ada braket lagi, ungkap modifikator yang motor bikinannya kerap berlaga di contezt modif itu.

Masih menurut Billy, justru sebenarnya sistem dudukan setang Fino lokal itu bisa dipakai buat setang pacuan balap lho. Misalnya, buat di besutan underbone layaknya Yamaha Jupiter Z. Itu karena bisa disetel sudut kemiringan. Diameter lubang braketnya juga sepertinya sama dengan Jupiter, timpal Billy.

Kelar penggantian setang, Fahrul juga memasang spidometer Fino versi Thailand. Ya, yang indikator bensinya menjadi satu dengan spidometer. "Kalau Fino Indonesia modelnya terpisah, tutup modifikator dari Jl. Taruna Jaya 2, No. 39C, Kemayoran, Jakarta Pusat itu. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Mizzle 80/90-14
Ban belakang : Mizzle 90/80-14
Rumah CVT : Yamaha Nouvo
Sok belakang : YSS
Billy Speed : 0816-1601160




{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment