Honda Scoopy, Tiga Roda Bisa Maju-Mundur

Bookmark and Share

Meski seorang penyandang difabel, bukan berarti Abi Hasan Rebain nggak bisa pakai Honda Scoopy. Apalagi juragan buah terkemuka di Muara Enim, Palembang, Sumatera Selatan itu mobilitasnya cukup tinggi.

Pak Abi butuh kendaraan yang sesuai kebutuhan juga tidak merepotkan. Apalagi tiap hari mesti kontrol kebun dan hasil produksi di beberapa tempat. Maka dipilih skubek roda 3 buat kendaraan operasional, terang Ali Wardana, bos Doctor Matic yang dipercaya modifikasi.

Motor roda 3 yang diinginkan tak ha-nya biasa. Selain layak digunakan, tampilan juga mesti keren. Tak ayal sebagai seorang builder pengalaman, Ali tawarkan konsep 3 roda aliran hot rod.

Gaya hot rod pada Scoopy sangat jelas pada pemasangan list kinclong dari pelat di tebeng depan. Tepatnya di bawah batok lampu. Juga penambahan list plastik variasi di sisi luarnya.

Sesuai tema, tampilan depan ada penambahan variasi di setang, seperti handgrip. Bahkan gaya hot rod dipertegas pemasangan sisibar yang desainnya mirip mahkota raja. Maklum Pak Ali juragan buah, lanjut modifikator di Jl. Harapan Mulya XI No. 9, Cempaka Putih Utara, Jakarta Pusat.

Dan yang paling special dari bukan cuma rodanya 3, tapi jalannya selain bisa maju juga bisa mundur. Sehingga buat pengendara khusus, sangat pas bila ingin menggunakan motor sebagai alat transportasi. Karena nggak harus turun buat mundurin motor.

Bisa seperti itu memanfaatkan girboks mundur Bajaj roda tiga. Dimana kelebihan girboks ini putaran roda belakang bisa berputar fleksibel. Ketika roda kiri belakang diputar, as roda belakang custom di kanan mesti diam. Itu karena girboks harus bisa berputar maju juga mundur.

Cuma biar roda depan bisa jalan lebih dari 50 km/jam, salah satu gigi untuk maju diatur ulang. Rasionya dibikin berat. Caranya comot gigi dari motor lain yang dirahasiakan. Karena ini bagian terpenting dari ubahan girboks Bajaj, wanti Ali yang memanfaatkan tuas hand brake punya mobil buat pengatur posisi maju-mundurnya motor.

Namun konsekuensi pemasangan girboks Bajaj, posisi roda belakang jadi mundur sekitar 15 cm dari as roda belakang asli. Namun tetap stabil dikendarai lantaran girboks Bajaj ditopang double sok asli. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Roda depan: Pelek custom 3 inci
Ban depan: FDR 90/90-14
Roda belakang: Pelek 4 inci
Ban belakang: FDR 120/70-14
Grip gas: Variasi
Cakram belakang: Jupiter-Z




{ 2 comments... Views All / Send Comment! }

aan1976 said...

daerah palembang, dimana ya mau cari girbox bajaj.

firman firdaus said...

Berapa total biaya yang diperlukan

Post a Comment